Sparepart Mobil Suzuki yang Gampang Diganti Sendiri

Terdapat beberapa sparepart mobil Suzuki yang harus rutin diganti guna menjaga supaya mobil selalu dalam keadaan yang baik.

Tidak semua penggantian onderdil tersebut wajib dilakukan di bengkel resmi, melainkan ada juga beberapa sparepart yang bisa Anda ganti sendiri.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa suku cadang mobil SUZUKI yang bisa Anda ganti sendiri.

Inilah Macam-macam Sparepart Mobil Suzuki yang Dapat Diganti Sendiri

Air Accu atau Accu

Accu adalah sumber daya listrik di mobil yang mempunyai peran yang vital, seperti untuk menyalakan klakson, lampu, dan dinamo starter. Jika Accu harus diganti, maka pelepasan dan pemasangannya terbilang mudah untuk dilakukan.

Cukup melepaskan kabel yang terpasang di accu, lalu melepaskan paling penguncinya. Ketika melepas kabelnya, pastikan bahwa kabel tidak menyentuh bodi atau mesin mobil.

Aksesoris atau Bagian Bodi

Penggantian aksesoris atau bagian bodi juga menjadi sparepart mobil Suzuki yang Anda bisa lakukan sendiri. Pastikanlah untuk memakai aksesoris atau bagian bodi yang merupakan suku cadang mobil Suzuki dari SGP guna menjamin pemasangan tersebut akan presisi,

Terdapat aksesoris onderdil mobil Suzuki tertentu yang mudah sekali dipasang sebab cukup dengan ditempelkan saja. Tetapi, ada pula yang memerlukan sedikit keahlian sebab berkaitan dengan kelistrikan, seperti penambahan lampu bumper.

Busi

Untuk melakukan penggantian sparepart mobil Suzuki yang satu ini, maka Anda harus memastikan bahwa mesin sedang dalam kondisi dingin. Jumlah busi yang diperlukan pada umumnya sama dengan jumlahnya silinder mobil, meskipun pada jenis mobil tertentu juga ada yang memerlukan 2 busi pada 1 silinder.

Busi mobil ini memang mudah jika diganti sendiri, namun umumnya diperlukan kunci khusus guna membukanya. Onderdil busi sendiri menjadi komponen yang berfungsi mematikan api ketika bahan bakar sedang dalam proses pembakaran. Bila busi rusak atau kurang maksimal dalam bekerja, maka api yang terpercik pun tidak ada atau tidak sempurna, sehingga mengganggu proses pembakaran.

Minyak Kopling dan Rem

Cara kerja kopling dan rem pada mobil yang transisi manual akan memakai konsep hidrolis, jadi diperlukan minyak untuk media penyalur tekananya. Minyak sebagai benda cair pastinya mempunyai suasana panas dan titik didih dalam ruang mesin yang menjadikan minyak mungkin saja berkurang sebab mendidih.

Oleh sebab itu, minyak kopling dan rem harus diisi ulang. Untuk pengisian minyak kopling dan rem juga mudah. Anda hanya perlu membuka tutup reservoir lalu mengisikan minyak kopling dan rem. Ketika mengganti sparepart mobil Suzuki bagian ini, maka perhatikanlah garis batas pengisiannya. Pengisian minyak yang melewati batas dapat menyebabkan kopling dan rem terasa tidak nyaman.

Filter Udara

Filter berguna untuk menyaring udara yang memasuki ruangan pembakaran. Dikarenakan bertugas sebagai penyaring, maka saringan tersebut semakin lama tentunya menjadi kotor. Periksa terlebih dahulu onderdil filter udara dan bila masih batas wajar, maka perlu dibersihkan saja. Tetapi jika kondisinya telah parah, maka suku cadang tersebut alangkah baiknya cepat diganti.

Anda dapat merujuk buku petunjuk mengenai cara mengganti filter udara. Proses penggantian filter udara pada mobil Suzuki ini juga relatif mudah karena tidak memerlukan alat apapun dan cukup menggunakan tangan saja.

Nah, itulah berbagai onderdil mobil Suzuki yang bisa Anda lakukan penggantian sendiri. Hal ini terbilang lebih hemat dibandingkan harus membawa mobil ke bengkel dengan mengeluarkan sejumlah biaya.